DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd"> Didi Tarsidi: Counseling, Blindness and Inclusive Education: Bagaimana Orang Tunanetra Dapat Mengenali Nilai Uang?
  • HOME


  • Guestbook -- Buku Tamu



    Anda adalah pengunjung ke

    Silakan isi Buku Tamu Saya. Terima kasih banyak.
  • Lihat Buku Tamu


  • Comment

    Jika anda ingin meninggalkan pesan atau komentar,
    atau ingin mengajukan pertanyaan yang memerlukan respon saya,
    silakan klik
  • Komentar dan Pertanyaan Anda




  • Contents

    Untuk menampilkan daftar lengkap isi blog ini, silakan klik
  • Contents -- Daftar Isi




  • Izin

    Anda boleh mengutip artikel-artikel di blog ini asalkan anda mencantumkan nama penulisnya dan alamat blog ini sebagai sumber referensi.


    12 July 2015

    Bagaimana Orang Tunanetra Dapat Mengenali Nilai Uang?



    Oleh Didi Tarsidi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
    Dulu saya sangat bergantung pada bantuan orang awas untuk dapat mengetahui nilai uang karena mata uang rupiah sangat tidak aksesibel. Ukuran ataupun teksturnya tidak memberikan petunjuk yang cukup untuk memungkinkan orang tunanetra mengenali nilai masing-masing pecahan rupiah secara mandiri.
    Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) telah berulang kali menyampaikan resolusi kepada pemerintah agar aksesibilitas uang rupiah mendapat perhatian, dan audiensi dengan sejumlah pejabat terkait juga sudah dilakukan, tetapi masih belum ada perubahan yang berpihak kepada para tunanetra. Memang pernah ada upaya Bank Indonesia untuk mengeluarkan pecahan rupiah dengan "blind code", tetapi tanda-tanda khusus itu ternyata tidak efektif.
    Namun kini, dengan teknologi smart phone, keadannya menjadi berbalik. Para produsen smart phone seperti Apple dan Samsung telah memasukkan aksesibilitas suara sebagai salah satu fitur telepon pintar ini, yang memungkinkan orang tunanetra mengakses layar sentuh. Banyak aplikasi telah dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan orang tunanetra; Salah satunya adalah aplikasi untuk mengenali nilai uang.
    Untuk ini, para pengguna iPhone dapat memasang aplikasi LookTel Money Reader (https://appsto.re/id/o_I4y.i) yang dapat diunduh dari App Store. Hingga kini aplikasi ini baru dapat mengenali nilai 21 macam mata uang, tetapi sayangnya tidak termasuk rupiah.
    Untuk dapat mengenali nilai rupiah, pengguna iPhone dapat memasang LookTel Recognizer (https://appsto.re/id/ReG3D.i). Sesungguhnya aplikasi ini tidak dirancang khusus untuk mengenali nilai uang melainkan guna menenali berbagai macam benda termasuk uang.
    Untuk dapat mengenali nilai rupiah, pertama-tama pengguna harus memasukkan gambar rupiah dari semua macam nilai ke dalam library-nya melalui tombol kamera yang disediakan oleh aplikasi ini. Masing-masing gambar harus diberi label sesuai dengan nilai uang tersebut, misalnya, "rp 100 ribu".
    Setelah database di library aplikasi ini lengkap, kini Recognizer ini sudah siap digunakan. Untuk menggunakannya, pengguna tinggal membuka aplikasi Recognizer lalu memposisikan iPhone sekitar 20 cm di atas permukaan uang yang ingin dikenali. IPhone akan langsung menyebutkan nilai uang tersebut.
    Di kalangan sesama pengguna iPhone, mereka dapat berbagi database aplikasi Recognizer sehingga orang yang baru memasang aplikasi ini tidak perlu menjalani proses pemasukan gambar-gambar rupiah ke dalam library-nya. Kegiatan berbagi itu dapat dilakukan melalui email.
    Pengguna Android dapat menggunakan aplikasi Blindroid-Wallet yang dapat diunduh dari Play Store secara gratis, lalu mengunduh jenis mata uang yang dibutuhkannya. Android menyediakan lebih dari 100 jenis mata uang termasuk rupiah. Blindroid-Wallet membutuhkan beberapa detik untuk dapat mengenali nilai uang itu.

    Labels:

    Links to this post:

    Create a Link

    << Home

    :)

    Anda ingin mencari artikel lain? Silakan isi formulir pencarian di bawah ini. :)
    Google
  • Kembali ke DAFTAR ISI