DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd"> Didi Tarsidi: Counseling, Blindness and Inclusive Education: Bagaimana Cara Orang Tunanetra Melakukan Selfie dengan iPhone
  • HOME


  • Guestbook -- Buku Tamu



    Anda adalah pengunjung ke

    Silakan isi Buku Tamu Saya. Terima kasih banyak.
  • Lihat Buku Tamu


  • Comment

    Jika anda ingin meninggalkan pesan atau komentar,
    atau ingin mengajukan pertanyaan yang memerlukan respon saya,
    silakan klik
  • Komentar dan Pertanyaan Anda




  • Contents

    Untuk menampilkan daftar lengkap isi blog ini, silakan klik
  • Contents -- Daftar Isi




  • Izin

    Anda boleh mengutip artikel-artikel di blog ini asalkan anda mencantumkan nama penulisnya dan alamat blog ini sebagai sumber referensi.


    24 August 2018

    Bagaimana Cara Orang Tunanetra Melakukan Selfie dengan iPhone



    Selfie adalah potret diri sendiri, biasanya diambil dengan smartphone yang dipegang di tangan atau menggunakan tongkat selfie (yang sering disebut “tongsis”). Selfie sering dibagikan di layanan jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp dll.

    Dengan iPhone, orang tunanetra pun dapat melakukan selfie Dengan bantuan aplikasi pembaca layar VoiceOver untuk menentukan ketepatan jepretannya.
    Dalam tutorial ini akan ditunjukkan cara orang tunanetra melakukan selfie dan cara membagikan foto hasil selfie menggunakan iPhone.

    A. Fitur-fitur Kamera

    Sebelum kita memulai selfie, mari kita jelajahi fitur-fitur yang ada di Kamera, dan sekilas mengenali fungsinya.
    Untuk itu, silakan buka aplikasi Kamera.

    • Setelah aplikasi Kamera terbuka, dengan satu jari, silakan sentuh fitur yang ada di pojok kiri atas. VoiceOver akan berkata, “Kilas, Auto” (Flash, Automatic) (tombol).
    • Usap-usap ke kanan, maka berturut-turut kita akan menemukan:
    • HDR, Automatic (tombol).
    • Timer, Off (tombol).
    • Filters, Original (tombol).
    • Jendela Bidik, Fokus dibuka (Viewfinder, Focus Unlocked) (gambar).
    • Mode Kamera, Foto (Camera Mode, photo) (dapat disesuaikan. Untuk melakukan selfie, fitur ini tidak perlu diubah. Tetapi, kalau anda ingin membuat video, usap ke bawah sehingga mode kameranya menjadi Video. Tapi kita tidak akan melakukan itu kali ini.
    • Penampil Foto dan Video (Photo and Video Viewer) (tombol). Kalau tombol ini diketuk dua kali, maka kita akan masuk ke tempat penyimpanan foto dan video. Tapi kita akan melakukannya nanti.
    • Ambil Gambar (Take Picture) (tombol). Tombol ini untuk mengambil gambar, tapi ada cara lain yang lebih mudah yang akan saya tunjukkan di bawah. Bila mode kameranya adalah Video, tombol ini akan menjadi tombol Rekam Video (Record Video).
    • Pemilih Kamera, Menghadap ke belakang (Camera chooser, Back facing) (tombol). Tombol Pemilih Camera ini adalah yang paling kanan. Secara visual, tombol ini ada di pojok kanan bawah. Back facing artinya kameranya menghadap ke belakang iPhone, yaitu ke arah depan anda. Untuk melakukan selfie, kameranya harus mengarah ke depan, yaitu ke wajah anda.

    B. Langkah-langkah Melakukan Selfie

    Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh seorang tunanetra untuk melakukan selfie.

    1. Tuktuk (ketuk dua kali) pada tombol Pemilih Kamera agar menjadi Menghadap ke Depan (front facing), artinya kamera mengarah ke wajah anda. Ingat, tombol Camera Chooser ada di pojok kanan bawah.

    2. Pegang iPhone dengan tangan kiri, jempol siap di tombol volume turun. Ulurkan tangan ke depan, layar iPhone menghadap ke wajah anda.

    • VoiceOver akan mendeskripsikan posisi gambar yang ditangkapnya. Posisi terbaik adalah gambar berada di tengah-tengah. Dengarkan baik-baik deskripsi yang diucapkan oleh VoiceOver. Agar pendengaran anda lebih fokus, sebaiknya gunakan earphone. Saya biasanya menggunakan earphone pada satu telinga saja. Deskripsi itu mungkin berbunyi:
    • “0 wajah (0 face)”. Ini artinya kamera tidak menangkap gambar wajah anda. Agar kamera menangkap gambar wajah anda, silakan geserkan posisi tangan anda sedikit ke kiri atau kanan, ke bawah atau ke atas.
    • “1 wajah, wajah dekat tepi bawah” (face near bottom edge)”. Ini artinya kamera dapat menangkap gambar wajah anda tapi gambar itu terlalu mepet ke tepi bawah. Silakan geserkan tangan anda sedikit ke bawah agar gambar bergeser ke atas.
    • “1 wajah, wajah dekat tepi kiri” (1 face, face near left edge”). Ini artinya gambar terlalu mepet ke tepi kiri. Silakan geserkan posisi tangan anda sedikit ke kiri agar gambarnya bergeser ke kanan.
    • “1 wajah, wajah dekat tepi kanan” (1 face, face near right edge). Gambar terlalu mepet ke kanan. Geserkan posisi tangan anda sedikit ke kanan agar gambar bergeser ke kiri.
    • “1 wajah, wajah di tengah” (1 face, face centered). Ini posisi yang paling baik: Gambar berada di tengah-tengah.
    • Tentu saja apabila anda melakukan selfie bersama orang lain, pernyataan “satu wajah” itu akan berubah menjadi dua atau tiga wajah sesuai dengan jumlah wajah yang terdeteksi oleh kamera.!

    3. Ketika gambar wajah anda sudah berada di tengah-tengah, langsung jepret. Tekan tombol volume dengan jempol untuk menjepret foto. Jangan lupa tersenyum sebelum menjepret.

    C. Cara Membagikan Foto

    Foto hasil selfie itu dapat anda bagikan kepada kontak tertentu, grup, atau kepada publik melalui aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp dll. Dalam tutorial ini saya hanya akan memberi contoh cara membagikan foto melalui WhatsApp. Saya akan mengirim foto selfie saya kepada Damayanti melalui WhatsApp.
    Silakan anda ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

    1. Setelah melakukan selfie, tuktuk pada tombol Penampil Foto dan Video (Video and Photo Viewer). Tombol ini terletak di pojok kiri bawah. Untuk menemukannya dengan mudah, posisikan jari anda di kanan bawah layar iPhone lalu usap-usap ke kiri. Langsung tuktuk ketika VoiceOver mengatakan, “Penampil Foto dan Video” (Photo and video Viewer).
    2. Kini anda berada di halaman utama Penampil Foto dan Video. Berikut ini adalah gambaran tata letak halaman ini:

    • Di pojok kiri atas ada tombol Kembali yang akan membawa anda kembali ke halaman utama Kamera.
    • Di pojok kanan atas ada tombol Semua Foto (All Photos).
    • Di pojok kiri bawah ada tombol Bagikan (Share).
    • Di pojok kanan bawah ada tombol Hapus (Delete), yang bila dituktuk akan menghapus foto terpilih.
    • Dan di antara tombol-tombol tersebut ada semua foto yang pernah anda simpan.

    3. Posisikan telunjuk anda di pojok kiri atas layar lalu usap ke kanan. Item pertama yang akan anda temukan adalah judul Hari Ini dengan keterangan waktu kapan anda terakhir melakukan selfie. Misalnya, hari ini saya melakukan selfie pada jam 9.57, maka VoiceOver akan berkata, “Hari ini (Today), 09.57”.

    4. Usap-usap terus ke kanan sampai menemukan tombol Bagikan (Share), lalu tuktuk tombol Bagikan itu, maka berbagai pilihan aplikasi akan muncul.

    5. Usap-usap lagi ke kanan sampai menemukan WhatsApp.
    6. Tuktuk WhatsApp.

    7. Usap-usap ke kanan untuk mencari kontak atau grup yang ingin anda kirimi foto. Gunakan fitur pencarian kalau ingin lebih cepat.

    8. Tuktuk kontak atau grup yang akan anda kirimi foto itu, sehingga VoiceOver akan berkata, misalnya, “Dipilih, Damayanti”.

    9. Sentuh tombol Berikutnya (Next) yang ada di pojok kanan, lalu tuktuk. (Mengetuk boleh di sembarang tempat).

    10. Di tempat tombol Berikutnya tadi, sekarang ada nama kontak penerima (Damayanti), dan bila anda usap ke kiri dengan satu jari, anda akan mendengar VoiceOver berkata, “Bidang teks keterangan. Tambah keterangan”. Tuktuk bidang teks itu kalau anda ingin menambahkan keterangan tentang foto yang akan dikirim itu, misalnya, Di rumah Nenek.

    11. Di atas huruf P ada tombol Kirim (Send). Silakan sentuh tombol Kirim itu lalu tuktuk di sembarang tempat, maka foto itu akan terkirim.

    12. Setelah foto terkirim, kini anda akan dibawa kembali ke halaman Penampil Foto dan Video. Tuktuklah tombol Kembali yang ada di pojok kiri atas kalau anda ingin kembali ke halaman utama kamera untuk melakukan selfie lagi.

    Untuk mendengarkan versi audio, silakan kunjungi tautan berikut: Youtube Video: Bagaimana Cara Orang Tunanetra Melakukan Selfie dengan iPhone

    Labels:

    :)

    Anda ingin mencari artikel lain? Silakan isi formulir pencarian di bawah ini. :)
    Google
  • Kembali ke DAFTAR ISI